Mesin Laser Cutting Engraving, harga mesin laser cutting metal, harga mesin laser cutting second, harga mesin potong akrilik, mesin laser mini, harga mesin laser cutting kayu, harga mesin laser cutting kertas, harga laser cutting kayu, mesin potong akrilik elektrik

Mesin laser cutting engraving adalah mesin yang digunakan untuk memotong dan mengukir serta marking benda atau material keras dan lunak, baik logam maupun non logam. Mesin ini menggunakan teknologi sinar laser dalam melakukan pemotongan serta pengukiran sehingga prosesnya lebih cepat dan bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Sinar laser memiliki tingkat ketelitian yang tinggi sehingga hasil potongan dan ukiran lebih halus serta bisa meminimalisir terjadinya kerusakan. Selain itu, tidak memerlukan proses finishing sehingga waktu yang dibutuhkan lebih cepat selesai dan bisa meningkatkan omset berlipat ganda. Bahan-bahan yang bisa dipotong dan diukir diantaranya stainless steel, besi, kayu, akrilik, alumunium, kulit, plywood, karet, dan masih banyak lagi.

Mesin laser ini biasanya digunakan pada usaha advertisement, souvenir, trophy atau piala, pabrik besi dan baja, percetakan, desain grafis dan lainnya. Proses pekerjaan tersebut bisa berjalan secara otomatis dengan sebuah software yang dihubungkan perangkat komputer yang mengirimkan data melalui port USB. Tentu saja cara kerja mesin laser akan mengikuti perintah dan data yang dikirimkan melalui komputer sehingga mesin akan mengikuti marking desain yang ada dalam data tersebut.

Beberapa software pembuat desain yang support dengan mesin laser diantaranya, Corel Draw, CAM, CAD, Auto CAD, dan software lainnya. Pertama-tama desain marking dibuat pada software tersebut sampai sempurna. Selanjutnya data desain akan ditransfer ke dalam mesin melalui komputer dan port USB. Mesin ini juga dilengkapi dengan memori internal yang berkapasitas besar sehingga bisa melakukan loading data yang sangat cepat.

Cara kerja mesin yaitu dengan menembakkan sinar laser ke arah media bahan yang berada di area pemotongan. Sinar laser yang dipancarkan akan melakukan pemotongan ataupun pengukiran secara detail dan bisa memberikan hasil yang berkualitas dengan tingkat presisi yang tinggi. Kelebihan mesin laser antara lain bisa melakukan pemotongan dan pengukiran dari desain yang rumit dengan hasil maksimal.

Ada beberapa macam jenis dan type mesin laser cutting engraving yang menggunakan kekuatan tabung CO2 dan fiber laser untuk menghasilkan sinar laser. Kedua type tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, baik dari kualitas mesinnya maupun dari segi harganya.

Untuk mesin laser yang menggunakan power tabung CO2 harganya memang lebih murah jika dibandingkan mesin fiber laser. Selain itu, ada juga mesin laser yang berukuran mini dengan luas area pemotongan 20 x 30 cm sampai ukuran menengah 120 x 90 cm. Mesin laser yang menggunakan tabung CO2 memang lebih dikhususkan penggunaannya untuk pemotongan dan pengukiran bahan non metal.

Hal ini karena kemampuan laser dengan tabung CO2 memang terbatas dan tidak begitu tangguh jika mesin dipaksa untuk melakukan pemotongan pada benda keras. Mesin ini lebih cocok digunakan untuk wirausaha advertisement dan percetakan yang tidak banyak membutuhkan pekerjaan yang berhubungan dengan benda-benda logam.

Cara kerja mesin yaitu mengeluarkan sinar laser dari tabung CO2 yang ditembakkan ke lensa pantul dan akan diteruskan menuju lensa fokus, kemudian diarahkan ke area pemotongan. Mesin ini juga dilengkapi dengan sinar infra merah sebagai penanda agar sinar laser tetap fokus pada tanda yang akan dipotong. Harga untuk mesin tabung laser berkisar antara Rp.20 juta sampai Rp.200 juta.

Sedangkan pada mesin laser yang menggunakan tenaga fiber glass memang memiliki spareparts berkualitas tinggi sehingga lebih tangguh dalam melakukan pemotongan dan pengukiran. Dengan mesin ini bahan sekeras baja juga bisa dipotong dan diukir dalam waktu yang cepat dengan tingkat presisi yang tinggi serta hasilnya sangat halus.

Selain itu, ukuran luas area pemotongan juga sangat besar sehingga memiliki kelebihan berdaya multiguna dan bisa digunakan untuk memotong bahan yang kecil maupun besar. Ukuran luas area pemotongan berkisar antara 250 x 130 cm sampai 300 x 150 cm dengan hrga berkisar antara Rp.500 jutaam sampai Rp.3 milyar.  Mesin ini sangat cocok digunakan pada pabrik baja dan mebel kayu yang biasa melakukan pemotongan dan pengukiran pada bahan-bahan yang keras.

Pesan Mesin Laser Cutting Engraving ? KLIK >> MESIN LASER CUTTING