Fiber Laser

PT. DELTA PRIMA MAKMUR

Fiber Laser Cutter Machine

Fiber laser adalah laser yang berupa benih laser yang berbentuk padat. Output fiber laser ini adalah sinar dengan spot yang sangat kecil dibandingkan CO2 hingga 100 kali lipat sehingga dianggap lebih efektif untuk memotong segala material terutama bahan logam.

Untuk jenis laser cutting ini, mempunyai harga yang mahal karena menghasilkan pemotongan yang paling bagus dibandingkan laser CO2 dan YAG serta di dalam mesinnya terdapat desain khusus yang didukung oleh daya dioda pompa. Sehingga intensitas sinar dari fiber laser pun 100 kali lebih halus dibandingkan laser CO2. Oleh karena itu, fiber laser biasanya khusus dipergunakan untuk mengolah material logam seperti kuningan, aluminum, besi, dan sebagainya. Hasil pemotongan yang tajam juga disebabkan oleh tingginya daya dari jenis laser cutting yang satu ini.

Fiber Laser

Fiber Laser Marking pada Proses Penandaan Logam

Teknologi fiber laser marking telah meningkat belakangan ini menjadi salah satu teknologi penandaan bagian langsung yang paling dicari di seluruh dunia. Dengan tingkat daya yang berkisar antara 20-50 watt, mesin fiber laser marking adalah beberapa mesin penandaan laser yang paling kuat di pasaran.

Mesin ini ideal untuk pengetsaan atau pengukiran dalam, dengan hasil yang bagus pada logam yang lebih keras atau saat seseorang membutuhkan sistem bertenaga tinggi dengan ukuran titik yang lebih kecil untuk mencapai resolusi tinggi. Kualitas sinar tinggi dan ukuran spot kecil dengan lensa yang lebih besar memungkinkan laser serat digunakan untuk aplikasi penandaan batch komponen kecil atau pemotongan logam yang sangat tipis.

Mesin ini ideal untuk pengetsaan atau pengukiran dalam, dengan hasil yang bagus pada logam yang lebih keras atau saat seseorang membutuhkan sistem bertenaga tinggi dengan ukuran titik yang lebih kecil untuk mencapai resolusi tinggi. Kualitas sinar tinggi dan ukuran spot kecil dengan lensa yang lebih besar memungkinkan laser serat digunakan untuk aplikasi penandaan batch komponen kecil atau pemotongan logam yang sangat tipis.

Beberapa cara fiber laser marking yaitu:

Color Marking

Ini adalah jenis penandaan yang dilakukan untuk menghasilkan corak warna yang berbeda pada suatu bahan dengan memvariasikan kecepatan, daya, frekuensi, dan lebar pulsa. Hasil terbaik pada penandaan warna dicapai pada baja tahan karat dan aluminium, terutama jika memiliki penanda laser fiber mopa.

Carbonizing

Karbonisasi adalah penghancuran ikatan karbon untuk menciptakan bayangan pada area yang ditandai lebih gelap tanpa mempengaruhi permukaan material. Ini sebagian besar digunakan untuk plastik ringan dan bahan organik.

Foaming

Melibatkan jenis perawatan yang membuat area yang ditargetkan lebih ringan daripada bagian lainnya yang sedang diproses.

Annealing

Ini adalah pengerasan permukaan logam menggunakan laser yang juga memungkinkan berbagai jenis warna dihasilkan dalam apa yang dikenal sebagai penandaan laser warna. Beragam corak hijau, merah dan kuning dapat dicapai dalam proses ini dengan berbagai material.

Night and Day Marking

Teknologi fiber laser marking dapat digunakan untuk memberikan tanda yang mudah terbaca di siang hari dan diterangi di malam hari. Ini dapat berguna untuk aplikasi seperti penggunaan pada dasbor, reflektor, pelat nomor, jam tangan, Kesehatan dan keselamatan, dan tanda pintu.

Pengertian Plasma Cutting Machine

Pemotongan material menggunakan mesin plasma cutting digunakan untuk berbagai jenis material logam dan dapat digunakan untuk memotong material yang tebal. Mesin ini menggunakan gas untuk memotong material, gas yang digunakan dapat berupa oksigen maupun nitrogen. Ketika mengoperasikan mesin ini, operator wajib menggunakan kacamata pelindung setiap saat untuk menghindari kerusakan pada mata.

Perbedaan Fiber Machine dan Plasma

Dari penjelasan mengenai mesin fiber laser cutting dan plasma terdapat beberapa perbedaan dan juga kelebihannya masing-masing. Nah, berikut di bawah adalah perbedaan diantara keduanya. Kedua jenis mesin cutting ini memiliki kelebihan yang berbeda dalam melakukan proses pemotongan material. Mesin fiber laser cenderung banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan plasma cutting. Laser cenderung memiliki potongan yang lebih akurat dan cepat dibandingkan mesin plasma.

Laser

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya. Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm).

Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa produk.

Kemampuan laser dalam mengubah bahan membuatnya ideal untuk industri otomotif, elektronik, pakaian, pengerjaan logam dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi laser diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk operasi, seperti laser marking and engraving, laser cleaning, laser welding, dan laser cutting.

Fungsi laser cutting pada industri sangat penting, terutama untuk keperluan produksi. Keberadaan mesin laser cutting dapat meningkatkan kinerja produksi serta menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Selain itu, laser cutting juga menawarkan hasil potongan yang rapi. Motif tanda atau goresan dan pengukiran yang dibuat pada produk adalah sangat detail dan sesuai dengan desain awalnya. Ketiga fungsi tersebut dikenal dengan istilah marking, engraving dan cutting.

Anda juga bisa mengatur kedalaman sinar laser pada permukaan material agar tak terjadi kesalahan. Begitu pula dengan material yang digunakan, juga cukup menentukan rekomendasi jenis laser cutting yang bisa dipertimbangkan. Penggunaan laser cutting pun juga terdiri beberapa jenis, yakni laser cutting CO2, YAG dan fiber laser.

Laser Cutting

Laser cutting adalah suatu proses pemotongan bahan dan material tertentu yang mempunyai karakter keras dan kokoh menggunakan bantuan sinar laser yang mesinnya terhubung dengan sebuah program komputer. Bahan material yang dimaksud ialah bahan metal dan non metal. Bahan metal contohnya yakni aluminium, logam, kayu, baja, stainless steel dan sebagainya. Sedangkan bahan non metal yaitu seperti akrilik, karet, plastik, marmer, kulit sintetis dan lainnya.

Laser cutting digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang detail dan butuh ketelitian tinggi, seperti untuk penekanan dekoratif pada suatu produk. Oleh karenanya, laser cutting biasanya digunakan untuk furniture, karya seni dan aksesoris seperti gantungan kunci, gelang dan sebagainya.

Laser Machine

CO2 Laser Cutting

Presisi tinggi, kecepatan, dan keserbagunaan, Anda dapat memotong hampir semua bahan non logam dengan pemotong laser.

CO2 Laser Marking

Penandaan/Pengukir Laser CO2 sebagian besar digunakan untuk bahan organik seperti ukiran kayu, pemotongan kertas, badan akrilik, dan penandaan kulit.

Fiber Laser Cutting

Pemotongan laser serat memiliki kualitas sinar yang sangat baik dan merupakan pilihan pertama di bidang pemotongan presisi laser

Fiber Laser Marking

Mesin penandaan laser serat dapat memenuhi permintaan produksi massal dengan kecepatan penandaan yang cepat, efek penandaan yang baik, dan efisiensi tinggi.

CNC Router

Router CNC adalah jenis mesin yang dikendalikan komputer yang dibuat untuk menggiling, mengebor, dan memotong bahan

Letter Bending Machine

Produk Automatic Letter Bender adalah jajaran mesin pembengkok huruf CNC otomatis untuk surat saluran, logo, tanda, simbol, dan pundi-pundi dengan bentuk yang tidak biasa.

Welding Machine

Kecepatan pengelasannya cepat, tidak diperlukan perawatan setelah pengelasan, dan kualitas lasnya tinggi, dapat dikontrol dengan tepat, titik fokus kecil, mudah diotomatisasi

Press Brake

Press brake adalah alat pengepres mesin untuk membengkokkan bahan lembaran dan pelat, paling sering lembaran logam

3D Printer

Printer 3D adalah jenis printer desain material yang mendesain dan membuat model 3D serta produk perangkat dan komponen menggunakan proses pembuatan aditif.

Sebagai mesin yang serba bisa dan berteknologi tinggi, mesin laser cutting memiliki fungsi utama yang menjadikan mesin ini sangat mumpuni untuk menopang produksi.

Laser Cutting, Punching, Perforating

Laser cutting jelas memiliki fungsi untuk memotong bahan, sesuai dengan namanya. Tak hanya memotong, sinar laser ini juga bisa digunakan untuk punching (melubangi), perforating (memotong putus-putus) serta menghancurkan bagian tertentu sesuai kebutuhan.

Laser Marking (Menandai)

Kata marking memiliki arti menandai dan menggores. Dengan menggunakan sinar laser, Anda bisa memberikan goresan dan penanda pada material tanpa ujung alat harus bersentuhan langsung dengan material. Sehingga goresan yang dibuat murni berdasarkan desain yang sudah disimpan dalam program komputer. Proses marking biasanya lebih berfokus pada tulisan sehingga bentuknya tetap dan tidak terlalu rumit. Tulisan pada material bahan sebagai contoh bisa dilihat pada label, papan nama, dan sebagainya.

Industri Yang Menggunakan Laser Marking

Laser marking digunakan oleh banyak sektor industri, beberapa diantaranya adalah:

Industri Medis

Industri medis menggunakan mesin laser annealing dan engraving untuk alat medis, internal tracking, dan branding.

Industri Otomotif

Industri otomotif menggunakan mesin laser marking untuk membuat nomor identifikasi kendaraan (NIV), dekorasi keyboard, dan panel instrumentasi.

Industri Logam

Industri logam menggunakan laser marking untuk menandai produk dan mempermudah identifikasi. 

Industri Periklanan

Industri periklanan menggunakan laser marking jenis engraving untuk membuat motif dekoratif karena menawarkan fleksibilitas tinggi untuk menandai motif-motif kecil.

Laser Engraving (Grafir/Ukir)

Contoh penerapan engraving adalah

Mempunyai arti menggrafir atau mengukir, engraving dapat membuat goresan dan ukiran dengan kedalaman tertentu pada berbagai jenis material. Pahatan atau ukiran tersebut akan terbentuk sesuai dengan apa yang sudah tergambar pada desain di program komputer. Dibandingkan dengan marking, proses engraving memang bisa berlangsung lebih lama karena akan sangat fokus pada detail dan tingkat presisi. Namun hasilnya juga akan seimbang dengan kebutuhan Anda.

Apa Saja Bahan yang Bisa Engraving dan Cutting?

Sekarang setelah kamu tahu sedikit lebih banyak tentang cara kerja mesin laser cutting & engraving, mungkin kamu bertanya-tanya mengenai apa saja bahan yang dapat digunakan dengan aman. Sebenarnya terdapat banyak sekali bahan yang bisa diukir menggunakan mesin laser CO2. Tetapi memang lebih efektif untuk mengukir di atas bahan yang lembut seperti: Kayu, Batu sabak, Kaca, Marmer, Granit, Keramik, Cermin, Akrilik, Kain, Kertas, Triplek, Gravoply, MDF, WPC, Alvaboard, Kulit

Keunggulan Laser Cutting

1. Laser cutting dapat mengerjakan desain yang rumit

Pada pola yang detail, sinar laser cutting dapat mengerjakan desain yang rumit sekalipun. Pengaturan dari program komputer dan kemampuan mesin memungkinkan proses pemotongan atau pengukiran material bisa terlaksana dengan detail. Tingkat presisi juga sangat terjamin jika Anda memotong atau mendesain material dengan laser cutting. Desain yang rumit kemungkinan bisa membuat proses pemotongan akan berlangsung lama dan membuang banyak material gagal saat ada kesalahan, namun dengan menggunakan laser cutting maka prosesnya akan lebih efektif serta sangat meminimalisir adanya material gagal yang tak terpakai.

2. Proses laser cutting termasuk cepat

Karena desain hasil produk sudah disiapkan, maka proses pemotongan atau pembentukan material dapat dilakukan dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal. Pengerjaan yang cepat juga mampu menghemat biaya produksi Anda.

3. Mampu memproses berbagai macam jenis bahan

Proses produksi laser cutting juga bisa untuk berbagai material seperti logam dan non logam. Hal itu membuat membuat efektifitas pengerjaan jadi lebih mudah karena menggunakan satu mesin bisa memproduksi berbagai material. Serta dapat memproses bermacam jenis bahan membuat mesin ini bisa digunakan untuk banyak produk dengan maksimal.

4. Hasil jadi yang presisi

Menggunakan program komputer, bisa dipastikan jika produk akan memiliki hasil jadi yang presisi. Akan sangat kecil kemungkinan bagi mesin untuk melakukan kesalahan saat proses pemotongan atau pembuatan motif terjadi. Terlebih dengan persiapan yang matang termasuk adanya desain produk serta pengukuran material sebelumnya.

5. Produk tampak lebih rapi

Anda bisa membandingkan hasil jadi produk dari mesin laser cutting dengan produk yang proses menggunakan bantuan alat maupun dilakukan dengan manual. Perbedaan yang akan paling mencolok terlihat adalah cutting akan tampak lebih rapi.

Sejarah

Pada tahun 1965, mesin laser cutting produksi pertama digunakan untuk mengebor lubang di diamond dies. Mesin ini dibuat oleh Western Electric Engineering Research Center. Pada tahun 1967, Inggris memelopori pemotongan jet oksigen dibantu laser untuk logam. Pada awal 1970-an, teknologi ini digunakan pada produksi untuk memotong titanium untuk aplikasi luar angkasa. Pada saat yang sama CO2 laser diadaptasi untuk memotong non-logam, seperti tekstil, karena pada saat itu CO2 laser tidak cukup kuat untuk melampaui konduktivitas termal logam.

Laser Cutting Machine CO2

Mesin laser cutting CO2 untuk bahan akrilik merupakan pilihan terbaik. Jenis laser cutting tersebut sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan material akrilik sehingga nantinya bisa didapatkan hasil jadi produk yang maksimal, efektif dan efisien sehingga menghemat waktu serta material yang diperlukan. Serta untuk keperluan grafir atau mengukir dengan pola rumit, mesin ini sudah sangat mumpuni bahkan untuk desain yang detail sekalipun.

Laser CO2 merupakan laser dengan gas yang berasal dari campuran gas karbondioksida (CO2) dengan gas lainnya melalui proses elektrik. Jenis laser cutting ini akan menghasilkan engraving dan cutting yang bagus terutama pada bahan non logam.

Dikarenakan sangat fleksibel, para pengusaha sering menggunakan mesin laser cutting CO2 untuk mendukung usaha mereka. Dilengkapi dengan kualitas sinar laser yang bagus dan efisien serta efektif, laser cutting CO2 juga memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan jenis sinar laser lainnya sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi usaha Anda.

Laser Cutting YAG

Untuk jenis yang satu ini, memiliki bentuk output yang berbeda dengan laser cutting CO2. Laser cutting YAG merupakan golongan laser solid state yakni laser yang mengeluarkan output berupa sesuatu yang memiliki bentuk atau wujud.

Dalam hal ini, laser cutting YAG memiliki nama lain sebagai laser kristal dikarenakan bahan dasarnya berasal dari komponen yang mengendap seperti kristal dengan warna bening. Bahan utama sebagai komponen laser ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Orthovanadate).

Laser cutting YAG merupakan jenis laser cutting kelas menengah dikarenakan berteknologi tinggi namun harganya lebih murah dibandingkan fiber laser dan lebih mahal dari laser CO2. mesin dengan laser ini dikenal memiliki hasil yang tajam dan berdetail halus sehingga cocok untuk material logam dan plastik.

Fiber Machine Product

Fiber Machine Price

Jual Mesin Fiber Laser Cutting

Mesin Fiber Laser Cutting Jenis – jenis Mesin Fiber Laser Cutting Mesin Fiber Laser Cutting HSG memiliki Range Power Laser di 1000w – 4000 Watt. Kemampuan memotong Plat (Sheet) untuk Besi (Carbon Steel), Stainless Steel, Aluminium, Kuningan & Tembaga. Tergantung dari Power Laser Source yang di gunakan, kapasitasnya berapa watt.. Mesin Laser HSG ini menggunakan penggerak Double Drive, sehingga pergerakan menjadi cepat dan stabil. HSG Laser ini kami Garansi 2 Tahun untuk Fiber Source nya, dan 1 Tahun untuk Servis dan Electrical Parts. Komponen (Parts) Unggulan Mesin Fiber …

PT. DELTA PRIMA MAKMUR

Harga Mesin Laser

Harga Mesin Laser Cutting Metal / Non Metal Laser Cutting Machines Fiber Laser Cutting Machines Dapatkan Harga Mesin Laser Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda! Hubungi Sales Penjualan Kami. Harga Produk Mesin Laser Metal / Non Metal Laser Cutting Machines – Fiber Laser Cutting Machines LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya. Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer …

PT. DELTA PRIMA MAKMUR

Mesin Laser Metal Berkualitas dan Bergaransi

Jual Mesin Laser Metal / Non Metal Laser Cutting Machine LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya. Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm). Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa …

PT. DELTA PRIMA MAKMUR

Distributor Mesin Laser Resmi & Terpercaya di Indonesia

Mesin Laser / Laser Machine LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya. Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm). Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa produk. Kemampuan laser dalam mengubah …

PT. DELTA PRIMA MAKMUR