Harga Mesin Laser

PT. DELTA PRIMA MAKMUR

Harga Mesin Laser Cutting

Metal / Non Metal Laser Cutting Machines

Fiber Laser Cutting Machines

Dapatkan Harga Mesin Laser Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda! Hubungi Sales Penjualan Kami.

Harga Produk Mesin Laser Metal / Non Metal Laser Cutting Machines – Fiber Laser Cutting Machines

Harga Mesin Laser, Harga Laser Cutting Machine, Harga Fiber laser
Harga Mesin Laser, Harga Laser Cutting Machine, Harga Fiber laser Indonesia

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya. Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm).

Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa produk.

Kemampuan laser dalam mengubah bahan membuatnya ideal untuk industri otomotif, elektronik, pakaian, pengerjaan logam dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi laser diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk operasi, seperti laser marking and engraving, laser cleaning, laser welding, dan laser cutting.

Fungsi laser cutting pada industri sangat penting, terutama untuk keperluan produksi. Keberadaan mesin laser cutting dapat meningkatkan kinerja produksi serta menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Selain itu, laser cutting juga menawarkan hasil potongan yang rapi. Motif tanda atau goresan dan pengukiran yang dibuat pada produk adalah sangat detail dan sesuai dengan desain awalnya. Ketiga fungsi tersebut dikenal dengan istilah marking, engraving dan cutting.

Anda juga bisa mengatur kedalaman sinar laser pada permukaan material agar tak terjadi kesalahan. Begitu pula dengan material yang digunakan, juga cukup menentukan rekomendasi jenis laser cutting yang bisa dipertimbangkan. Penggunaan laser cutting pun juga terdiri beberapa jenis, yakni laser cutting CO2, YAG dan fiber laser.

Fungsi Laser Cutting

Laser cutting sebagai mesin berteknologi tinggi yang multiguna, memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting bagi usaha produksi. Dengan mesin canggih maka akan membuat usaha Anda bisa menghasilkan produk yang berkualitas pula.

Adapun 3 fungsi utama laser cutting adalah cutting (memotong), engraving (mengukir) dan marking (menandai). Bila dijabarkan lebih detail bisa dibedakan lagi menjadi 5 mode, yaitu:

Cutting

Laser Cutting Kertas CO2

Sesuai dengan namanya, salah satu fungsi utama mesin laser cutting adalah memotong atau cutting. Sinar laser bertugas memotong bahan sesuai dengan desain awal yang sudah disiapkan.

Pemotongan tersebut akan menghasilkan produk yang terpotong rapi dengan sisa bahan yang hancur karena sinar laser atau bisa juga tersisihkan. Tidak hanya cutting, pada fungsi ini dikenal juga istilah punching dan perforating.

Punching

Punching adalah sebuah tindakan melubangi material tanpa memotong bagian di sekitarnya.

Lubang yang dibuat bisa menembus bahan atau hanya membuat goresan yang menjorok ke dalam tanpa benar-benar menjadi lubang. Sebagai contoh adalah membuat lubang untuk gantungan kunci atau membuat tekstur pada separuh permukaan karya seni.

Perforating

Sedangkan untuk fungsi perforating ialah bertugas untuk menggores atau melubangi material. Hampir sama dengan punching, namun perforating umumnya seperti melukai atau menyayat material sehingga menimbulkan garis putus-putus tanpa memotong sepenuhnya di bagian sekitarnya.

Pada fungsi ini, mesin memerlukan energi yang lebih besar dibandingkan fungsi lainnya, namun untuk prosesnya jelas lebih cepat dibandingkan engraving dan marking yang memerlukan ketelitian.

membutuhkan sinar laser dengan energi besar. Meskipun begitu, prosesnya lebih cepat jika dibanding grafir.

Marking

Laser marking

Memiliki arti menandai, mesin laser cutting juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menggores atau menandai material. Sinar laser bisa menimbulkan goresan atau tanda pada material tanpa merusak bagian lainnya, karena prosesnya tidak menggunakan alat tanpa ujung dan hanya berupa cahaya yang langsung bersentuhan dengan bahan.

Hal ini menyebabkan goresan atau tanda yang tercipta murni sesuai dengan desain yang sudah diinput dalam software komputer. Dibandingkan engraving, marking lebih menyangkut mengenai garis, tanda ataupun tulisan yang sederhana.

Bentuk yang dihasilkan berbentuk tetap dan tidak terlalu rumit. Hasil contoh dari marking paling banyak dijumpai pada label, papan nama, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Laser Marking

Laser Annealing

Laser annealing (laser anil) bekerja dengan penerapan panas laser ke permukaan bahan. Efek panas tersebut menyebabkan perubahan warna karena teroksidasi. Tanda yang dihasilkan laser annealing berwarna hitam pekat dengan permukaan halus. Namun, warna juga dapat bervariasi tergantung suhu laser. Kedalaman laser annealing berkisar antara 20-30 mikron. Logam yang umumnya diproses dengan laser marking ini adalah titanium, baja, stainless steel, dan besi.

Laser Discoloration

Laser discoloration (laser perubahan warna) bekerja dengan mengubah warna / pigmen bahan dengan pemanasan laser dan menghasilkan permukaan yang sedikit terangkat atau dikenal dengan istilah foaming atau frothing. Perubahan warna terang / gelap tergantung pada komposisi bahan. Misalnya pada plastik gelap hasil laser marking akan berwarna putih, sedangkan pada plastik berwarna terang hasil marking berubah menjadi abu-abu atau hitam. Perubahan warna dan buih ini hanya terjadi pada plastik.

Laser Engraving

Laser engraving (laser pengukiran) bekerja dengan menguapkan sebagian material untuk memperlihatkan rongga yang terlihat di kedalaman 0,0001-0,005 inci di bawah permukaan material. Proses ini membutuhkan panas yang cukup untuk menguapkan material dalam milidetik. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghasilkan marking berkualitas tinggi dan akurat dalam waktu yang sangat singkat. Proses ini cocok untuk hampir semua jenis logam, plastik, kayu, kulit, kaca, atau keramik.

Laser Etching

Laser etching bekerja dengan melelehkan material yang menyebabkannya mengembang dan membentuk rongga yang terangkat di atas permukaannya hingga ketinggian 80 mikron. Rongga inilah yang membentuk tanda. Laser etching membutuhkan energi yang lebih sedikit daripada laser engraving dan pilihan yang lebih ekonomis. Laser ini digunakan untuk menandai berbagai bahan seperti aluminium dan baja.

Cara Kerja Mesin Laser Marking

Mesin laser marking bekerja dengan menggunakan sinar laser yang fokus untuk menandai permukaan suatu material. Mesin laser marking dikendalikan dengan perangkat lunak pada komputer sehingga sinar laser secara tepat mengikuti pola yang telah didesain dengan durasi yang cepat dan hasil yang presisi.

Sinar laser akan diarahkan ke satu arah. Ketika sinar tersebut berinteraksi dengan permukaan bahan, energi laser akan mengubah sifat dan penampilan bahan melalui reaksi kimia dan fisik meliputi pemanasan, pelelehan, penguapan, maupun cold stripping. Hal inilah yang menciptakan tanda dengan tingkat kontras yang tinggi.

Industri Yang Menggunakan Laser Marking

Laser marking digunakan oleh banyak sektor industri, beberapa diantaranya adalah:

Industri Medis

Industri medis menggunakan mesin laser annealing dan engraving untuk alat medis, internal tracking, dan branding.

Industri Otomotif

Industri otomotif menggunakan mesin laser marking untuk membuat nomor identifikasi kendaraan (NIV), dekorasi keyboard, dan panel instrumentasi.

Industri Logam

Industri logam menggunakan laser marking untuk menandai produk dan mempermudah identifikasi. 

Industri Periklanan

Industri periklanan menggunakan laser marking jenis engraving untuk membuat motif dekoratif karena menawarkan fleksibilitas tinggi untuk menandai motif-motif kecil.

Engraving

Grafir kartun pada kayu MDF

Pengertian engraving adalah mengukir atau menggrafir pada berbagai jenis material. Ukiran dan pahatan dibuat dengan kedalaman tertentu sesuai dengan keinginan.

Proses engraving biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan marking dan cutting dikarenakan polanya lebih rumit. Namun untuk daya sinar laser yang dikeluarkan oleh fungsi engraving jelas lebih kecil dibandingkan cutting.

Karena butuh fokus dan ketelitian, engraving menghasilkan desain yang apik dan detail. Untuk fungsi ini, akan banyak Anda temui pada produk berupa karya seni yang menonjolkan tampilan dan nilai estetika.

Jenis-jenis Laser Cutting

Sesudah memahami fungsi laser cutting, maka Anda juga perlu mengenal jenis laser cutting yang ada di pasaran. Jenis laser cutting mengacu pada bentuk dan kemampuan spesifik yang dimiliki oleh satu jenis laser cutting dengan lainnya sehingga menjadi pembeda satu sama lain.

Ketiga jenis laser cutting ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis laser cutting mana yang cocok dengan usaha Anda. Adapun jenis laser cutting yang dimaksud adalah laser cutting CO2, YAG dan fiber laser.

Harga Fiber Laser

fiber laser metal cutting machines

Jenis laser cutting yang pertama ialah fiber laser. Pengertian fiber laser adalah laser yang berupa benih laser yang berbentuk padat. Output laser ini adalah sinar dengan spot yang sangat kecil dibandingkan CO2 hingga 100 kali lipat sehingga dianggap lebih efektif untuk memotong segala material terutama bahan logam.

Untuk jenis laser cutting ini, mempunyai harga yang mahal karena menghasilkan pemotongan yang paling bagus dibandingkan laser CO2 dan YAG serta di dalam mesinnya terdapat desain khusus yang didukung oleh daya dioda pompa. Sehingga intensitas sinar dari fiber laser pun 100 kali lebih halus dibandingkan laser CO2.

Oleh karena itu, fiber laser biasanya khusus dipergunakan untuk mengolah material logam seperti kuningan, aluminum, besi, dan sebagainya. Hasil pemotongan yang tajam juga disebabkan oleh tingginya daya dari jenis laser cutting yang satu ini.

Harga Mesin Laser Cutting CO2 Untuk Bahan Akrilik

Kesimpulannya, jenis laser cutting juga dipengaruhi oleh bahan yang akan digunakan. Salah satu bahan atau material yang mudah dijumpai dan mempunyai nilai jual untuk berbagai industri adalah akrilik. Proses pengolahan akrilik bisa dilakukan menggunakan jenis laser CO2.

Mesin laser cutting CO2 untuk bahan akrilik merupakan pilihan terbaik. Jenis laser cutting tersebut sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan material akrilik sehingga nantinya bisa didapatkan hasil jadi produk yang maksimal, efektif dan efisien sehingga menghemat waktu serta material yang diperlukan. Serta untuk keperluan grafir atau mengukir dengan pola rumit, mesin ini sudah sangat mumpuni bahkan untuk desain yang detail sekalipun.

Harga Laser Cutting CO2

Mesin Laser Cutting CO2

Jenis laser cutting CO2 adalah jenis laser yang paling populer karena sering digunakan untuk berbagai bidang industri. Hal ini dikarenakan laser cutting CO2 dikenal mampu menembus, memotong dan mengukir pada beragam jenis bahan material, baik logam maupun non logam.

Laser CO2 merupakan laser dengan gas yang berasal dari campuran gas karbondioksida (CO2) dengan gas lainnya melalui proses elektrik. Jenis laser cutting ini akan menghasilkan engraving dan cutting yang bagus terutama pada bahan non logam.

Dikarenakan sangat fleksibel, para pengusaha sering menggunakan mesin laser cutting CO2 untuk mendukung usaha mereka. Dilengkapi dengan kualitas sinar laser yang bagus dan efisien serta efektif, laser cutting CO2 juga memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan jenis sinar laser lainnya sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi usaha Anda.

Harga Laser Cutting YAG

Mesin laser cutting YAG

Untuk jenis yang satu ini, memiliki bentuk output yang berbeda dengan laser cutting CO2. Laser cutting YAG merupakan golongan laser solid state yakni laser yang mengeluarkan output berupa sesuatu yang memiliki bentuk atau wujud.

Dalam hal ini, laser cutting YAG memiliki nama lain sebagai laser kristal dikarenakan bahan dasarnya berasal dari komponen yang mengendap seperti kristal dengan warna bening. Bahan utama sebagai komponen laser ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Orthovanadate).

Laser cutting YAG merupakan jenis laser cutting kelas menengah dikarenakan berteknologi tinggi namun harganya lebih murah dibandingkan fiber laser dan lebih mahal dari laser CO2. mesin dengan laser ini dikenal memiliki hasil yang tajam dan berdetail halus sehingga cocok untuk material logam dan plastik.

Jual Mesin Laser Metal / Non Metal Laser Cutting Machines – Fiber Laser Cutting Machines

PT. Delta Prima Makmur adalah perusahaan yang dipercaya sebagai distributor mesin laser cutting merk HSG dan QUICK. Kami fokus pada bidang peralatan laser dengan konsep efisien, cerdas, perlindungan lingkungan dan pengembangan produk yang kompatibel.

Layanan / Services

1. Aceh

Banda Aceh

Langsa

Lhokseumawe

Sabang

Subulussalam

2. Bali

Denpasar

3. Bangka Belitung

Pangkal Pinang

4. Banten

Cilegon

Serang

Tangerang Selatan

Tangerang

4. Bengkulu

Bengkulu

5. Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta

6. Gorontalo

Gorontalo

7. DKI Jakarta

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kota Administrasi Jakarta Pusat

Kota Administrasi Jakarta Selatan

Kota Administrasi Jakarta Timur

Kota Administrasi Jakarta Utara

8. Jambi

Sungai Penuh

Jambi

9. Jawa Barat

Bandung

Bekasi

Bogor

Cimahi

Cirebon

Depok

Sukabumi

Tasikmalaya

Banjar

10. Jawa Tengah

Magelang

Pekalongan

Salatiga

Semarang

Surakarta

Tegal

11. Jawa Timur

Batu

Blitar

Kediri

Madiun

Malang

Mojokerto

Pasuruan

Probolinggo

Surabaya

12. Kalimantan Barat

Pontianak

Singkawang

13. Kalimantan Selatan

Banjarbaru

Banjarmasin

14. Kalimantan Tengah

Palangkaraya

15. Kalimantan Timur

Balikpapan

Bontang

Samarinda

16. Kalimantan Utara

Tarakan

17. Kepulauan Riau

Batam

Tanjungpinang

18. Lampung

Bandar Lampung

Metro

19. Maluku Utara

Ternate

Tidoro Kepulauan

20. Maluku

Ambon

Tual

21. Nusa Tenggara Barat

Bima

Mataram

22. Nusa Tenggara Timur

Kupang

23. Papua Barat

Sorong

24. Papua

Jayapura

25. Riau

Dumai

Pekanbaru

26. Sulawesi Selatan

Makassar

Palopo

Parepare

27. Sulawesi Tengah

Palu

28. Sulawesi Tenggara

Baubau

Kendari

29. Sulawesi Utara

Bitung

Kotamobagu

Manado

Tomohon

30. Sumatra Barat

Bukittinggi

Padang

Padang Panjang

Pariaman

Payakumbuh

Sawahlunto

Solok

31. Sumatra Selatan

Lubuklinggau

Pagar Alam

Palembang

Prabumulih

Sekayu

32. Sumatra Utara

Binjai

Gunungsitoli

Medan

Padang Sidempuan

Pematangsiantar

Sibolga

Tanjungbalai

Tebing Tinggi